Catatan Kecil Kehidupan Pribadi Sehari-hari Seorang Suami, Ayah, dan ASN

Disclaimer

Blog ini merupakan pindahan dari blog www.abangdhani.net, jadi apabila ada embel-embel atau kalimat yang berhubungan dengan URL/alamat tersebut maka itu merupakan postingan lama yang tidak di-edit

Arsip Blog

Senin, 04 Januari 2016

Cerita Awal Tahun


Assalamu'alaikum.... Halooo.... Haiii.... Jumpa lagi di tahun yang baru ini. Semoga tahun ini semakin banyak berkah dalam hidup kita.

Mengawali posting blog di tahun yang baru ini, aku mau posting tentang sebuah cerita yang pernah aku baca dulu sejak jaman SMP. Ga tau ceritanya beneran ato ga ya. Jadi gini ceritanya

Dikisahkan ada seorang pengusaha yang mempunyai 2 orang anak laki-laki. Pengusaha ini sukses dalam usahanya namun karena faktor usia, akhirnya ia sakit-sakitan. Di tengah penyakit yang sudah mulai mengikis habis daya tahan tubuhnya. Iya berpesan kepada kedua anaknya.

"Nak, ayah punya 2 buah toko yang sama besar modalnya, sama majunya. Jadi ayah wariskan kepada kalian berdua, masing-masing ayah beri 1 buah toko. Jalankan toko-toko tersebut. Ayah beri tipsnya, saat berangkat dan pulang dari toko, janganlah kalian terkena sinar matahari dan jangan pernah menagih hutang kepada pelanggan toko", Akhirnya tidak berapa lama ayahnya meninggal.

Beberapa bulan kemudian ibunya menghubungi kedua anaknya dan menanyakan keadaan toko/bisnisnya masing-masing.

Anak yang pertama:
"Nak gimana bisnis kamu?", tanya ibunya. "Bangkrut bu!". "Kok bisa?", "Iya karena aku ngikutin saran ayah untuk tidak terkena terkena matahari saat berangkat dan pulang dari toko, akhirnya aku naik taksi setiap hari sebab aku tidak bisa menyetir mobil. Semua beban pengeluaran transportasi aku bebannya ke bisnisku. Aku juga ngikutin saran ayah untuk tidak menagih hutang kepada pelanggan sehingga lama-lama modal terkikis karena hutang yang tidak dibayar-bayar", begitu penjelasan anak pertamanya.

Anak yang kedua:
"Nak gimana bisnis kamu?", tanya ibunya. "Semakin berkembang bu!". "Kok bisa?", "Iya karena aku ngikutin saran ayah untuk tidak terkena terkena matahari saat berangkat dan pulang dari toko, akhirnya aku berangkat pagi-pagi sekali dan pulang larut malam untuk menjalankan bisnis ini. Aku juga ngikutin saran ayah untuk tidak menagih hutang kepada pelanggan sehingga aku hanya memberikan hutang kepada pelanggan yang benar-benar aku tau mereka akan membayarnya tanpa harus ditagih sehingga bisnisku tetap jalan"

Pesan moral:

  • Belajarnya untuk menyetir mobil
  • Berhutanglah untuk menambah modal jika modal usaha dirasa kurang
  • Kalo sebuah toko ga ngasih kita hutangan, pindah aja ke toko sebelah

*gagal fokus*

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar pada formulir isian berikut