Catatan Kecil Kehidupan Pribadi Sehari-hari Seorang Suami, Ayah, dan ASN

Disclaimer

Blog ini merupakan pindahan dari blog www.abangdhani.net, jadi apabila ada embel-embel atau kalimat yang berhubungan dengan URL/alamat tersebut maka itu merupakan postingan lama yang tidak di-edit

Arsip Blog

Rabu, 19 Oktober 2016

Aplikasi Pengiriman Pesan Cepat (Instant Messenger)


Gambar dari internet

Keberadaan telepon pintar (smartphone) telah banyak mengubah pola komunikasi salah satunya adalah pengiriman pesan singkat. Dulunya jika ingin berkirim pesan singkat dengan ponsel maka kita menggunakan layanan yang namanya SMS (short message service) hingga akhirnya jaman kuota data datang.

Aku ingat banget beberapa tahun lalu sudah mulai berkirim pesan melalui ponsel dengan aplikasi Yahoo Messenger (YM) dan Mig33 yang bisa diinstal dponsel berbasis java hingga akhirnya berasa lebih gaul dengan aplikasi yang (waktu itu) hanya bisa dipakai di smartphone tertentu bernama BlackBerry Messenger (BBM).

Aku mau reviu beberapa aplikasi pesan cepat/instant messenger (IM) yang biasa aku pake.

BlackBerry Messenger (BBM)

Gambar dari internet

Jaman sekarang siapa yang tidak kenal sama yang namanya BBM. Mulai dari smartphone tertentu yang bisa diinstall hingga akhirnya merambah ke OS smartphone lain. Penggunanya pun cukup banyak. Namun sekarang aku udah ga terlalu aktif lagi di BBM karena rada pusing lihat status-status yang di update hampir beberapa detik sekali.

WhatsApp (WA)
 
Gambar dari internet


Sejak ganti smartphone ke android (yang waktu itu blm bisa BBM) aku sudah kenal sama yang namanya WA ini. Awal-awal menikah hingga sekarang akhirnya nyaman dengan IM ini sebab lebih simpel baik itu dari sisi interface ataupun penggunaan dibandingkan dengan BBM. Untuk kontaknya pun kita tidak perlu bertanya PIN namun cukup dengan menyimpan nomor henpon yang sudah aktif WA-nya kita sudah bisa ber-WA ria. Namun disini justru menjadi sisi kelemahannya (menurutku) karena tiap orang yang punya nomor WA kita bisa menghubungi meskipun kita tidak punya nomor WA orang tersebut. Kelebihannya menurutku adalah aku tidak perlu membaca status WA yang ada notifnya meskipun orang lain update status 5 kali per detik

Line

Gambar dari internet
Aplikasi besutan negara Matahari Terbit ini juga aku install di smartphone. Menurut teman-teman, aplikasi ini lucu karena ada bermacam-macam sticker yang bisa menambah keasyikan ngobrol chit-chat. Namun secara pribadi aku menggunakan aplikasi ini hanya untuk memanfaatkan fitur video call-nya. Maklum kalo pas diluar kota pengen lihat anak ya tinggal video call aja pake aplikasi ini ke istri

Telegram

Gambar dari internet

Aplikasi ini sangat ringan bahkan rasanya lebih ringan daripada WA. Maksudnya dalam pengiriman pesan cukup cepat dan tidak ada yang namanya pending. Mungkin karena penggunanya masih belum terlalu banyak. Aku install aplikasi ini untuk diskusi tentang keuangan. Maklum KPPN bikin grup pake aplikasi ini jadinya mau ga mau aku harus ikutan install. Kelebihan yang paling terasa adalah aplikasi ini bisa diinstal di PC atau laptop tanpa harus terhubung dengan smartphone

Facebook Messenger

Gambar dari internet

Nah ini aplikasi aku install untuk standby aja berhubung tidak semua kontak teman-teman ada di IM yang lain. Karena IM ini integrated dengan facebook makanya semua teman facebook bisa langsung chit-chat di aplikasi ini.

Demikian beberapa aplikasi IM yang aku install di smartphone aku. Intinya sih setiap aplikasi memiliki kekurangan dan kelebihan tersendiri.

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar pada formulir isian berikut