Catatan Kecil Kehidupan Pribadi Sehari-hari Seorang Suami, Ayah, dan ASN

Disclaimer

Blog ini merupakan pindahan dari blog www.abangdhani.net, jadi apabila ada embel-embel atau kalimat yang berhubungan dengan URL/alamat tersebut maka itu merupakan postingan lama yang tidak di-edit

Arsip Blog

Rabu, 07 November 2018

Refund Penerbangan di Traveloka



Ok langsung aja ya. Mhn maaf kalo tulisan kali ini rada berantakan maklum nulisnya juga buru-buru memanfaatkan waktu istirahat kantor yang mepet

Jadi, beberapa waktu lalu aku berencana untuk jalan-jalan sekeluarga ke Jakarta. Tentunya transportasi yang paling pas ya pake pesawat jadi aku pesannya via Traveloka. Biar mudahnya aku bikin semacam kronologi aja ya

  1. Minggu, 14 Oktober 2018 pukul 06.10 wib aku melakukan booking dan pembayaran tiket maskapai BATIK AIR dengan rute Palangka Raya (PKY) - Jakarta (CGK) untuk 2 orang dewasa dan 1 anak seharga Rp. 2.043.264. Kebetulan ada promo menggunakan paylater akhirnya aku pake fasilitas itu dengan memanfaatkan cicilan 3 bulan
  2. Senin, 15 Oktober 2018 pukul 07.19 wib dapat SMS dari BATIK AIR kalo penerbangannya dibatalkan dan diminta untuk melakukan refund
  3. Pada hari yang sama aku ke kantor LION yang ada di bandara karena kebetulan kantor aku dekat dengan bandara dan menanyakan kebenaran pembatalan penerbangan. Ternyata benar dan disarankan oleh pihak LION untuk langsung meminta refund via travelokanya menggunakan alasan PEMBATALAN OLEH MASKAPAI. Membaca dari S&K refund tidak dapat dilakukan dalam 1-2 hari. Oke lah gak apa-apa toh pake paylater juga
  4. Beberapa hari kemudian refund masuk ke paylater aku sebesar Rp. 922.500,- Nah loh harusnya kan dibalikin 100%. Artinya masih ada kekurangan Rp.  1.120.764,-
  5. Karena kesibukan ya sudah berhari-hari didiamkan. Dan hari ini tanggal 7 Nopember 2018 aku coba untuk menghubungi traveloka via telepon
  6. Dijelaskan sama operator terkait refund 100% dan benar seharusnya refund aku 100%. Untuk memprosesnya, operator meminta aku mengirim bukti SMS pembatalan dari maskapai dan menyebutkan nomor pesanan via email
  7. Ga berselang lama, aku langsung kirim permintaan dokumen yang dimaksud
  8. Setelah beberapa kali dapat email proses refund, akhirnya yang Rp. 1.120.764,- dikembalikan lagi ke akun paylater aku kurang lebih 1 jam dari pengiriman bukti pembatalan maskapai

Sebuah pengalaman berharga yang mungkin bisa jadi pembelajaran buat para pembaca yang suka traveling atau sering menggunakan jasa penerbangan khususnya pengguna Traveloka

Bagi yang pengen tanya atau komentar silahkan ya di kolom komentar

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar pada formulir isian berikut