Catatan Kecil Kehidupan Pribadi Sehari-hari Seorang Suami, Ayah, dan ASN

Disclaimer

Blog ini merupakan pindahan dari blog www.abangdhani.net, jadi apabila ada embel-embel atau kalimat yang berhubungan dengan URL/alamat tersebut maka itu merupakan postingan lama yang tidak di-edit

Arsip Blog

Selasa, 15 November 2016

Tips Mencuci Pakaian Putih Ala abangdhani


Salah satu warna favorit aku dalam berpakaian adalah warna putih. Ya warna tersebut memang butuh perlakuan khusus, jika tidak maka warna putih akan menjadi tidak cerah atau bahkan menguning.



Beberapa bulan lalu beberapa bajuku yang berwarna putih terlihat menguning. Awalnya sih aku menyalahkan air untuk mencuci. Maklum air di Palangkaraya menggunakan air sumur bor (eh tapi meskipun sumur bor airnya jernih kok). Hingga akhirnya secara tidak sengaja aku nonton iklan deterjen khusus untuk pakaian berwarna putih.

Iseng nyobain tuh deterjen. Karena pakaian yang putih tidak terlalu banyak aku memutuskan untuk mengucek dengan tangan saja (sebenarnya males sih tapi apa boleh buat). Dan taraaaa!!! baju yang menguning terlihat lebih putih. Aku tekankan lagi, lebih putih. Yang artinya masih aja menguning. Setelah beberapa eksperimen, akhirnya didapatlah pakaian putih berkilau.

Singkatnya begini:
  1. Untuk mencuci pakaian putih harus dipisah dengan pakaian berwarna. Ini penting karena pakaian putih dan berwarna untuk urusan deterjen suka ga akur. Belum lagi kalo ada pakaian berwarna yang luntur
  2. Gunakan deterjen khusus untuk pakaian putih.
    Aku biasanya pakai deterjen ini. Gambar dari sini
  3. Untuk pakaian yang sudah terlanjur menguning setelah dibilas rendamlah pakaian di cairan pemutih. Lakukan pencucian seperti ini beberapa kali hingga warna putih semakin kinclong.
    Salah satu produk cairan pemutih. Gambar dari sini
  4. Jika warna putih kinclong sudah didapat, sebaiknya mencuci jangan menggunakan cairan pemutih lagi karena konon cairan pemutih bisa mempercepat lapuknya kain. Gantilah cairan pemutih dengan blau cuci. Blau cuci biasanya dijual di toko-toko tradisional. Aku belum pernah menemukan blau ini dijual di toko modern
    Blau cuci padat seperti ini yang biasa aku gunakan. Gambar dari sini
  5. Mencuci dengan blau tidak harus selalu dilakukan. Setelah nampak kusam baru gunakan lagi blau dengan asumsi mencuci pakaian putih konsisten menggunakan deterjen khusus pakaian putih.
Dengan pakaian putih kinclong, tentu saja akan meningkatkan kepercayaan diri, Berikut beberapa foto pengguna pakaian putih yang kinclong.
Dek Nabila JKT48. Gambar dari sini
Mbak Aura Kasih. Gambar dari sini

Demikin tips dari aku. Bagi pemirsa yang ingin menambahkan bisa menambahkan di kolom komentar.

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar pada formulir isian berikut