Catatan Kecil Kehidupan Pribadi Sehari-hari Seorang Suami, Ayah, dan ASN

Disclaimer

Blog ini merupakan pindahan dari blog www.abangdhani.net, jadi apabila ada embel-embel atau kalimat yang berhubungan dengan URL/alamat tersebut maka itu merupakan postingan lama yang tidak di-edit

Arsip Blog

Rabu, 23 November 2016

Wisata Alam Pesona Alam Lestari (PAL)


Wisata alam merupakan wisata andalan yang ada di Kalimantan Tengah khususnya Palangkaraya. Hal itu dikarenakan keadaan alam yang mayoritas masih alami sehingga untuk menjaga kealamiannya maka pembuatan tempat wisata masih memperhatikan faktor alam.

Masih ingat postingan Danau Tahai, Tempat Wisata Danau Yang (Mungkin) Terlupakan kan? Nah pada ulasan kali ini aku mau cerita tentang sebuah wisata alam juga yang tidak jauh dari Kota Palangkaraya bernama Wisata Alam Pesona Alam Lestari (PAL).


PAL terletak di Kelurahan Kereng Bangkirai, Kecamatan Sebangau, Kota Palangkaraya, Kalteng. Untuk menuju PAL, dari arah Palangkaraya kita bergerak menuju selatan (arah Kereng Bangkirai), belok ke kanan masuk ke Jalan Manduhara (gerbang bertuliskan "Kawasan Terpadu Kereng Bangkirai"). Dari arah Bundaran Burung (bundaran simpang arah bandara) kurang lebih jaraknya 10 km dengan waktu tempuh sekitar 15-20 menit.

Petunjuk dari Mbah Google

Jangan kaget karena hampir separuh perjalanan, jalan yang dilewati berupa hamparan batu/tanah granit dan sisi kiri-kanan jalan berupa semak rerumputan.

Pada gerbang masuk PAL, kita akan dipungut retribusi Rp. 10.000/orang dewasa dan Rp 5.000/anak. Itu sudah termasuk biaya parkir.

PAL merupakan tempat wisata berupa danau (sepertinya sih bekas penambangan pasir), dengan suasana alam yang sangat sejuk. Disediakan jembatan di atas danau dan beberapa gazebo untuk bersantai. Sayangnya kita harus membayar lagi sewa gazebo ini diluar biaya masuk. Meskipun dipungut bayaran lagi tapi kita bisa menggunakannya sepuas hati tanpa ada batasan waktu.

Area bermain anak pun disediakan dengan konsep bermain di alam. Lagi-lagi untuk masuk ke dalam "pagar" tempat bermain ini harus membayar biaya tambahan Rp. 5.000/orang tanpa batasan waktu.

Beberapa waktu lalu aku sekeluarga dengan berbekal cerita teman yang pernah kesana, sambil "meraba-raba" menuju ke PAL. Sempat ragu juga karena jalan yang dilewati semakin sepi dari penduduk. Namun setelah beberapa saat melintasi jalan ada petunjuk arah menuju PAL tersebut. Sayangnya foto yg aku ambil untuk petunjuk arah itu agak kurang fokus jadi aku ganti dengan foto yang ada di internet aja ya.

Papan petunjuk arah PAL. Sumber foto dari sini

Dikarenakan aku bawa anak yang masih kecil maka kami lebih banyak menghabiskan waktu di area bermain anak. Jangan khawatir dengan cuaca panas sebab di area PAL banyak pohon-pohon besar dan rindang yang bisa bikin teduh serta sejuk. Suara-suara jangkrik pun masih terdengar bersahutan.

Sekedar saran, jika ingin menghabiskan waktu bersama keluarga di PAL ada baiknya membawa bekal makanan. Ya meskipun disana juga ada warung yang jual makanan tapi agar lebih hemat dan lebih pas di lidah aja.

Berikut foto-foto PAL dan kenarsisan keluarga kecil kami

Banyak pohon besar dan rindang

Salah satu permainan di area bermain anak (Una bilangnya "batang baguyang")

Kalo nyebur disini dijamin ga akan basah



Sejuk dan rindang

Pose (abaikan lirikan matanya)



Mamanya pun ikut main

Sesaat sebelum "tabarubus"


Kita narsis dulu

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar pada formulir isian berikut