Catatan Kecil Kehidupan Pribadi Sehari-hari Seorang Suami, Ayah, dan ASN

Disclaimer

Blog ini merupakan pindahan dari blog www.abangdhani.net, jadi apabila ada embel-embel atau kalimat yang berhubungan dengan URL/alamat tersebut maka itu merupakan postingan lama yang tidak di-edit

Arsip Blog

Senin, 26 September 2016

Tentang Pekerjaanku (Sedikit Curhat)


Sumber gambar dari internet

Berawal dari iseng ikut test CPNS yang kebetulan ada penempatan di daerah yang tidak jauh dari rumah, itulah awal dari sebuah pekerjaan yang harus aku jalani dengan benar-benar serius.

Pasca ujian CPNS yang hasilnya adalah aku diterima di salah satu instansi vertikal, aku mulai masuk dunia kerja yang tidak sedikit yang mengidam-idamkan namun juga tidak sedikit yang mencaci maki karena digaji namun "tidak bekerja". Apapun pendapat orang, faktanya aku diterima pada pekerjaan ini.

Awal masuk kerja, aku ditugaskan menjadi staf Tata Usaha dengan pekerjaan mengetik surat menyurat, mengetik laporan, mengagenda surat masuk dan surat keluar dan beberapa pekerjaan lainnya.

Tidak butuh waktu lama, aku dipercaya sebagai operator aplikasi penganggaran. Namanya aja sih operator tapi pekerjaannya banyak banget. Mulai dari menyusun apa saja kegiatan yang akan dilakukan tahun mendatang berikut jumlah biaya yang diperlukan hingga membuat TOR (Term Of Reference) dan RAB (Rencana Anggaran Biaya) terhadap kegiatan-kegiatan tersebut. Oh ya dengan menjadi operator aplikasi pengganggaran ini tidak berarti pekerjaan sebelumnya aku lepaskan. Tetap saja aku yang mengerjakan. Aplikasi penganggaran juga ternyata tidak hanya sampai di ketok palu untuk besar anggaran tapi juga berjalan sepanjang tahun jika ada proses revisi anggaran baik itu pergeseran ataupun pengurangan anggaran yang biasa kami sebut efisiensi.

Selain operator aplikasi pengganggaran aku juga dipercaya sebagai operator aplikasi SPM. Sebuah aplikasi yang output-nya adalah SPM (Surat Perintah Membayar) yang akan diajukan ke KPPN untuk pencairan dana. Dan ternyata bukan hanya sebagai operator tapi juga mengurusi urusan keuangan jika terjadi permasalahan baik itu permasalahan aplikasi atau alur yang harus dilalui dalam proses pencairan dana

Kepindahan kantor ke ibukota propinsi ditambah dengan semakin banyaknya tenaga honorer di TU berakibat adanya pergeseran beberapa tugasku. Selain operator aplikasi penganggaran dan aplikasi SPM, aku juga ditugasi untuk mengurus segala hal yang berbau jaringan LAN dan internet.

Ide-ide lama untuk membangun sebuah media informasi kantor akhirnya bisa terwujud secara pelan-pelan dan jadilah sebuah webblog kantor yang aku admini juga

Beberapa bulan yang lalu aku dipercaya sebagai "juru bayar" yang otomatis aku harus melepaskan posisi sebagai operator aplikasi SPM dikarenakan honor tambahannya tidak boleh dobel. Alhasil bulan-bulan awal aku mengalami kesulitan yang cukup berarti dimana aku harus belajar urusan bayar membayar ini dan juga aku harus ngajari operator SPM penggantiku. Alhamdulillah pelan-pelan belajar dan proses transfer ilmu.

Saat diminta untuk menjadi "juru bayar", aku sebenarnya juga ingin melepas posisi sebagai operator aplikasi penganggaran. Beberapa kali aku mengutarakan niat kepada pimpinan namun tampaknya pimpinan masih belum bisa mempercayakan kepada orang lain.

Jadi kalo secara singkat, pekerjaan yang saya lakukan sekarang adalah sebagai "juru bayar" dengan berbagai prosedurnya, operator aplikasi pengganggaran yang kini sudah banyak dibantu teman-teman dari seksi lain untuk prosesnya dan segala hal terkait revisi anggaran serta sebagai admin webblog kantor.

Jika terjadi pekerjaan bareng pada tugas-tugasku maka aku akan membuat skala prioritas terhadap pekerjaan yang harusnya dilakukan. Sebagai contoh beberapa waktu lalu ada beberapa artikel yang harus di-upload namun harus tertunda beberapa hari dikarenakan pekerjaan lain yang menjadi prioritas.

Jadi jika ada teman-teman di kantor yang mungkin terjadi keterlambatan baik itu urusan pembayaran kegiatan atau upload artikel di webblog akhir-akhir ini aku mohon maaf karena dalam sebulan terakhir kami berkonsentrasi untuk melakukan exercise anggaran yang disebabkan adanya efisiensi anggaran tahap 2 dengan nilan efisiensi yang besarnya fantastis

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar pada formulir isian berikut